Family project ramadhan ceria
Beauty ethusiast . Make up Artist. Henna Artist. Enterpreneur. Mak mak yang semangat belajar ๐
๐ฝ ๐ *Resume Kuliah WhatsApp IIP Banten* ๐ ๐ฝ
๐ Tema: *Family Project Ramadhan Ceria*
๐จ๐ซ Narasumber: * Rita Riswayati*
๐ Hari: Jum'at, 19 Mei 2017
⏰ Jam: 10.00 - 11.00 dan 13.00 - 14.00 WIB
๐ค MC: Tudaraeni
๐ฌ Moderator: Dianing
๐ Notulen: Restu
๐๐๐ฝ *Tentang Rita Riswayati* ๐๐พ๐
Nama: Rita Riswayati
Domisili: Banjar Patroman-Jawa Barat
Minat: Penulisan, education, gardening, organizing.
Saat ini tergabung dalam divisi 2 *HEbAT Community* sebagai Ketua admin HEbAT Jabar
Ibu dari 6 gadis sholihah,dan praktisi *Home Education*
1. Fityah (15 y), fokus mengkaji kitab kuning di pondok pesantren
2. Naila (13 y), schooling di MI
3. Haula (11 y), full HE/HS
4. Salma (9 y), full HE/HS
5. Zahra (6 y), bersenang-senang di rumah dan pede mengaku sbg anak SD
6. Fadlah (4y), bersenang-senang di rumah dan pede mengaku anak PAUD
๐น *Pengalaman berkesan, penuh hikmah* ๐น
1. Dilamar jadi guru (padahal niatnya nyantri ) di ponpes PERSIS no 100, MA milik NU, dan MA milik modern boarding
2. Ketika menjadi pengelola dan guru Aritmetika di ASMA
3. Saat menjadi head teacher di RA kaki gunung Sangkur, RA Baiturrohman
4. Saat mendirikan , mengelola dan mengajar di TKIT As Salam
5. Ketika mendirikan TPA pertama di kampung sendiri bersama teman pemuda/i
5. Menjadi volunteer di bidang sosial dan lembaga kemasyarakatan
6. Saat gadis berorganisasi di BKPRMI, tempat bersosialisasi dg para pemuda pemudi dalam naungan Masjid
7. Berguru, bersosialisasi dengan ibu-ibu aktivis Majlis Ta'lim daerah dalam naungan organisasi BKMM-DMI, hingga saat ini.
๐ง *Materi* ๐ง
๐Romadhon bulan amal, momentnya bikin project seru berbingkai iman๐
By: Rita Riswayati
๐Darimanakah datangnya pahala? Dari cinta turun ke amal. Kalau sudah cinta justru lupa hitung-hitung pahala, meski pahala adalah hak hamba.
⭐Kapan kah amal bernilai?
Saat terpenuhi ketentuan:
1. Niat karena Alloh
2. Amal yang tak dilarang Alloh
Kedua point diatas melahirkan apa yang disebut amal sholih, amal yang produktif.
Amal produktif bisa dari hal sederhana sampai yang kompleks, yang rutin sampai yang unik spesial, yang bersifat amal individual sampai amal jama'i, bersama alias nge-team.
๐จ๐ฉ๐ง๐ฆYuks kita bahas yang nge-team, soalnya nge-team itu lebih membuat mudah, ceria dan seru. Biar lebih terarah maka team digerakan berdasar kriteria project.
Ada 4 unsur sebuah amal/ aktivitas disebut project:
1. Lingkup (scope
2. Biaya (cost)
3. Mutu(quality)
4. Waktu (time)
Agar mudah mengingatnya, ingat saja L-BMW atau S-CQT.
4 variable ini saling berpengaruh satu sama lain
๐Bagaimana langkah membuat project berskala team/berjama'ah?
1. Motivasi
2. Musyawarah : semua berbicara dan mendengar
2. Diskusikan dan analisa bersama
3. Sepakati
4. Rancang
5. Aksi
6. Rayakan
๐Romadhon.....ceria❗๐
๐ธ๐ฟ ๐ ๐ธ๐ฟ ๐
๐ *Konsep Dasar* ๐
๐ธBismillaahirrohmaanirrohiim.
Sebelum menjawab, sedikit saya perlu sampaikan bahwa PR terbesar kita adalah memahami konsep secara menyeluruh. Biar gambarannya utuh shg bisa memasukan ke konteks aplikatifnya.
๐ธ Konsep tentang amal produktif (amal sholih), tentang fitrah tentang berjama'ah (team). Karena dikaitkan dengan Romadhon, maka frameworknya adalah *imanan wa ihtisaban*
๐ธ *Do the right things & do the things right* = *Imanan & Ihtisaban*
๐ธ Frame amal sholeh itu: niat dan tak ada larangan Alloh atas amal tersebut.
๐ธ Fitrah= Fitrah keimanan, fitrah perkembangan, fitrah belajar. Cukup 3 fitrah ini di moment Romadhon di usia 0-10 th.
๐ธ Team = berjama'ah, inshaAlloh ini sudah jelas. Lebih dari 1 orang, ada leader, pelaksana dan kesepakatan. Kalau terkait pelaksanaan syariat, maka masukan hukum dan aturannya.
๐ธ Kita kompilasi sekarang, niatkan atas dasar iman, buat konsep dengan target impact (pengaruhnya), lakukan berdasar syariat atau ijtihad. Ijtihad ini ruang kreativitas yg tidak bertentangan dg syariat.
๐ธ Kebiasaan saya adalah sampaikan konsep dasarnya, baru bahas teknis. Jika paham konsep dasar, maka kita akan mudah menemukan *cara*.
๐ก *Tanya-Jawab* ๐ก
1⃣. Pertanyaan pertama:
Kiki_cilegon
Assalamualaikum bunda..
Bagaimana cara mengenalkan puasa bagi anak usia 3th tanpa menimbulkan imaginasi2 yg diluar tauhid..๐
Dan mohon contoh projek yg bisa dibuat brsama anak usia 3th tsb...
Trimakasih..๐
๐Jawaban:
1⃣. Bunda Kiki di Cilegon, yang perlu kita pahami di fase 0-6 tahun adalah:
1. Fitrah Keimanan
2. Fitrah perkembangan: fisik dan psikis.
Maka perlu kita desain kegiatan/project yang mempertimbangkan aspek" tersebut. Terkait Fitrah Keimanan di fase itu belum melatih beban syariat, jadi aktivitas yang memperkokoh keimanan melalui image positif akan jauh berimpact dibandingkan melatih anak langsung sebagai pelaksana syariat. Image/kesan yg paling efektif adalah dengan menghidangkan teladan terbaik tentang kecintaan pada Alloh, Rosul, orang" sholeh.
Contoh project saya dengan anak- anak:
1. Pra Romadhon: Tarhib 'ala rumah kita; ayah yang ngisi pembekalan ruhani dan fikri. Ibu dan anak buat rancangan dan pelaksanaan sambutan secara fisik: bersih" Masjid, hias rumah atau sanggar, undang anak" sekitar dll.
2. Saat Romadhon: seru" an bikin menu, masak, giving (shodaqoh) sampai bikin sanlat, buat paket hadiah. Dll
3. pasca Romadhon: bikin kartu, silahturahim: dari bikin list sampai siapkan bawaan buah tangan.
✅
2 ⃣. Pertanyaan Kedua
Sati
Assalamualaikum, ijin bertanya bunda..., Bisakah project family ramadhan dirancang & diaplikasikan bagi klrg kami, sementara suami hanya sabtu ahad di rumah & anak kami baru 1, usia 4th? Contoh project/kriteria yg sesuai bagi klrg kami (yg hanya berkumpul sabtu ahad) seperti apa ya bun? haturnuhun๐
๐Jawaban:
Bunda Sati, sangat bisa. Jangankan sepekan cuma 2 hari, sebulan, bahkan setahun hanya sekali jumpa pun bisa. Selama komunikasi fisik dan hati terjaga serta selalu menyertakan Alloh diantara kita. Dan yang terpenting ayah bunda paham dan sadar posisi dan peran masing".
Ayah tetap sebagai qowwam meski hadir atau tidak. Bunda qowwamah yang harus hadir secara kwalitas dan kwantitas.
Suami saya seringnya cuma mengawali dan mengakhiri project team. Tapi jika ada di rumah yang paling banyak PR nya. Yang laki banget. Misal project Cinta dan Indah Lingkungan, Haula leader, ayah bikin rak untuk pot, ibu bantu cari bibit, adik dan kakak bantu siapkan media tanam. Biki rak kan cukup sekali.
Begitupun project beternaknya Salma, ayah seksi membuat kandang.
✅
๐ง Tanggapan:
❓Berarti yg penting ayah ikut merancang dan evaluasi, gitu kah Teh?
๐Jawaban:
Terlibat Dari awal sampai akhir iya, tapi yang intensitasnya tidak rutin dan mengikat secara waktu. Merancang semisal ikut merancang, evaluasi apalagi Yang penting hadir di ujung juga: merayakan๐
3 ⃣. Pertanyaan Ketiga
Febri
Assalamualaikum sy belum kebayang project ramadhan itu akan seperti apa nantinya.
Apakah anak usia 2thn juga bisa terlibat didalamnya?
Aktivitas apa saja yg bisa dilakukan dr pagi sampai menjelang magrib?Mengingat waktunya panjang,tdk ada acara makan/minum sehingga anak2 mungkin saja akan bosan atau lemas.
Apakah ada panduan dalam penyusunan project ramadhan seru tersebut?
๐Jawaban:
Bunda Febri, jawabannya senada dengan no 1⃣.
Usia 2 tahun masa menyerap ekspresi dan aktivitas lingkungan yang terdekat. Misal kita bikin project giving everyday anak di usia itu pasnya dilibatkan bagian apanya ya?
Ayo bunda, kita imajinasikan aktivitas bersama dg usia batita kita. Lalu kita rancang, kalau pas praktek ternyata gak sesuai harapan, kita rombak teknisnya, ide pokoknya tetap.
Batita sangat suka menyimak ekspresi. Mengunjungi orang-orang atau anak-anak sholeh, menghadiahi mereka sekotak makanan, sebuah buku, selembar kertas untuk mewarnai dll, saat itu anak akan melihat dan menyimak ekspresi yang diberi memberi dan diberi.
Tampakan ekspresi terbaik kita, orangtua nya sebagai teladan.
Hanya kalau anak balita kalau kita memberi maka siapkan sesuatu untuk anak kita juga, fase egosentris soalnya. ✅
4 ⃣. Pertanyaan Keempat
Nur Solihah
Klo yg belum punya anak kegiatan family project apa yg bsa d kerjain berdua ma suami? Kdg mash bgung klo untuk bikin family project berdua aja. Mksh bunda☺
๐Jawaban:
Bunda Nur yang Sholihah, kita perlu tentukan tujuan diawal merancang project dan impact yang kita inginkan. memperkuat kebersamaan? Mengedukasi anak atau lingkungan ? Menaikan level kemampuan? Mengasah bakat? Menjadikan lebih profesional? Misi aktualisasi bersama? Menyalurkan minat?
Dari tujuan itu kita turunkan jadi misi. Terjabar dalam rancang aktivitas.
Awal nikah project saya adalah: muroja'ah.
Memang waktu itu belum kenal L-BMW. Tapi tetap masuk kriteria:
Lingkup: berdua
Biaya: -
Mutu: bersama dalam menjaga iman dan cinta Al Qur'an
Waktu: ba'da sholat malam selama sebulan.
Selesai satu bulan, target pembiasaan. Sudah itu tak lagi jadi project.
Bisa juga project tentang lingkungan hidup, dll.
✅
5 ⃣. Pertanyaan Kelima
Irma
Assalamu'alaikum, Bun Rita salam kenal, family project yang dapat dilakukan bersama anak berusia 2 tahun, selama Ramadan, kadang setiap magrib dan isya di bawa ke masjid tapi malah main dan mengganggu dan kebetulan pengurus musolah ya tidak suka anak anak bermain di musolah, gimana ya Bun...
๐Jawaban:
Bund Irma, jika mengenalkan Masjid dan lingkungannya ini kita anggap penting untuk menumbuhkan & mengokohkan fitrah keimanannya, memang perlu menghidangkan image positif tentang Masjid. Maka upayakan cari Masjid yg ramah anak, meski cuma satu kali sepanjang Romadhon ini. Jadikan yg sekali itu berdampak panjang, kesan positif yang tak terlupakan.
Bila ada peluang, ciptakan Masjid ramah anak dg keluarga lain yang sevisi.
✅
6 ⃣. Pertanyaan Keenam
Devy
bagaimana meningkatkan ketertarikan suami terhadap diadakannya Family Projects & memelihara / menjaga konsistensi pelaksanaan Family Projects sampai hari terakhir Ramadhan .. terimakasih ๐๐
๐Jawaban:
Bunda, kita perlu ilmu komunikasi efektif vertikal horizontal. Vertikal: sampaikan, kuatkan dengan harap dan do'a pada Alloh, Horizontal: kenali bahasa cinta pasangan kita. Pernah kulwap bahasa cintakah disini?
Nah kalau sudah kenali, praktekan. Barulah bicara visi misi bersama, termasuk misi dalam fampro.
✅
7 ⃣. Pertanyaan Ketujuh
Dewi
startnya dimulai darimana dan kapan untuk fampro ramadhan? Sebagai catatan anak saya 2 ( laki 8,7 dan perempuan 2,5 )
๐Jawaban:
Startnya sebelum Romadhon. Niatkan, kondisikan di bulan sya'ban. Perbanyak shaum sunnah sebagai salah satu persiapan hati dan fisik.
Terkait project di bulan Romadhon, sesuai sabda Rosululloh;: imanan dan ihtisaban.
Imanan: saatnya merancang untuk meningkatkan ghairah pada kebaikan. Do the right thing.
Dan ihtisaban, pikirkan dampak yang kita inginkan. Terukur. Do the thing right.
Apa dampak yang ingin kita capai? Untuk ayah bunda kakak adik dan family? Apa gairah yang ingin kita dapat? Pahami makna ibadah sebaik mungkin, baik ibadah mahdoh maupun ghoiro mahdoh. Lalu kaitkan dengan fitrah keimanan, fitrah tumbuh kembang, fitrah belajar.
✅
8 ⃣. Pertanyaan Kedelapan
Desi
Mohon pencerahannya tentang bagaimana unsur L-BMW itu saling mempengaruhi dalam pelaksanaan project ?Apakah bila 1 tdk terpenuhi,project menjadi tidak terarah?
๐Jawaban:
Jika Lingkupnya sederhana, maka Biaya, Mutu dan Waktu juga akan sederhana.
Jika Lingkupnya luas, maka unsur lain perlu diimbangkan tentunya.
Contoh: project yang ditargetkan berdampak untuk lingkungan keluarga dan tetangga, tentu lebih butuh biaya, waktu dan keterjagaan mutu yang lebih.
Berbeda jika lingkupnya hanya untuk keluarga.
Misal mutu, makanan keasinan tak apalah kalau untuk keluarga, tapi kalau untuk hadiah ke tetangga mutu harus jauh lebih dijaga.
Meskipun dalam prakteknya kita sesuaikan satu sama lain sebenarnya. Lingkup besar, biaya kecil maka mutu disesuaikan dengan biaya, waktu tetap mengacu pada lingkup dan mutu. Mutu super, waktu dan biaya tak bisa di kurangi. Tapi jika fokus ke mutu, strateginya bisa jadi lingkup yang dikurangi luasnya. Begitulah kita ngutak ngatiknya. ✅
9 ⃣. Pertanyaan Kesembilan
Ayu
Assalamualai'kum bunda...bagaimana membuat project ramadhan yg tepat buat anak yg sudah berusia 8th...dan sudah mulai puasa dengan adik nya yg baru usia 6th ...dan belum saya wajib kan berpuasa...
๐Jawaban:
Bunda Ayu, yang ideal:
1. Jauhkan project dari seputar makanan, kecuali adik bisa menta'ati rules yan sebelumnya kita sepakati saat fase musyawarah.
2. Langkah profiling terhadap anak, apa yg paling diminatinya, yang membuatnya makin bergairah dan memiliki dampak positif, sehingga project tidak justru mengganggu esensi ibadah yang pokok.
Untuk itu ayah bundanya yg paling tahu.
✅
10 ⃣. Pertanyaan Kesepuluh
Asti Susanti_Rangkasbitung
Salam kenal bunda Rita.
Kegiatan ramadhan ceria apa saja yang pernah bunda lakukan bersama anak-anak yang usianya masih 3tahunan? Usia berapa tahun anak-anak bisa dilatih berpuasa sampai maghrib?
Terimakasih..
๐Jawaban:
Bunda Asti, spesial Romadhon untuk usia itu, pernah nge- team khusus 'itikaf. Bukber, berbagi ta'jil. Anak batita seksi bagi", senang sekali dia kesana kemari bagi" apa yang kita sepakati. Bentuknya tak selalu makanan minuman. Atau bagi undangan diawal kegiatan. Sudah mirip" pesta ultah di rumah kita. Karena kita kan tak membiasakan merayakan ultah. Jadi event Romadhon dibuat seceria mungkin. Terutama diawal penyambutan, masuk 10 hari ke 2 dan terakhir. Project gak harus full sebulan satu macem. Makin kecil usia anak, project lebih seru jika beragam dan waktunya pendek" tidak melelahkan ortu (ibu) dan anak.
✅
๐ง Tanggapan:
❓Pertanyaan usia brp thn mulai boleh diajarkan puasa sampai maghrib sepertinya blm dibalas ๐
๐Jawaban:
Saya punya pengalaman dari anak pertama mulai dikenalkan sejak dia ingin tahu. Karena melihat kita tentunya.
Terus saat meminta baru kita latihkan. Rata" meminta ikut shaum di usia 5 th.
Harusnya masa latih di usia 7 tahun, tapi karena ini masih 5 tahun jadi shaumnya beberapa kali 'sahur'.
Sahur pertama normal, misal jam 4 an. Jam 9 lapar, sahur lagi. Makan minum terus stop. Sampai nanti lapar lagi. Sahur lagi deh.
Puncaknya tetap berbuka di waktu maghrib.
11 ⃣. Pertanyaan Kesebelas
Ulfah
1. Menurut Bunda Rita, mengapa kita perlu membuat project Ramadhan yang seru? Mengingat bulan Ramadhan pun sbnrnya sdh spesial dengan ibadah yg sifatnya khusus yaitu puasa & tarawih?
2. Bunda Rita, kriteria family project ramadhan yg menarik & bermakna, itu yg bagaimana?
3. Selama bertahun2 dalam momen Ramadhan, yang biasa kita lakukan adl puasa, tadarus, shalat tarawih, sedeqah/infak/zakat, bagi ibu rumah tangga ada tambahan menyiapkan buka & sahur. Nah dari kesemua aktivitas yg saya sebut diatas, bisakah itu dimaknai & diarahkan mjd project Ramadhan yg seru yg bersifat unik spesial individual maupun team project yg seru & ceria?
4. Adakah alternatif kegiatan/project yg dilakukan dibulan ramadhan yg bisa menggantikan project bermain bersama alam (maksudnya mengurangi kegiatan bermain keluar rumah di siang hari) tapi hasilnya juga sama seperti berkegiatan bersama alam?
๐Jawaban:
Bunda Ulfah,
1. Karena Romadhon adalah bulan amal, bahkan dilipatkannya pahala atas amal. Jadi mengapa justru harus mager untuk membatasi selama tak ada larangan? Spesialnya justru karena dilipat gandakannya pahala. Menurut saya.
2. Kriterianya: bikin semangat, berkesan dan berdampak. Dan ini tak bisa disamaratakan. Untuk itu perlu profiling, musyawarah, dialog dan diskusikan dulu dengan semua anggota keluarga.
3⃣Bisa banget bun. Bisa sendiri", di kombinasi, bergiliran sebagai project terpisah. Seru dan cerianya tergantung tujuan dan kesiapan hati kita, nanti pengaruh ke pelaksanaan.
4. Banyak bun. Tergantung memaknai alamnya. ๐
Alam pengAlaman atau pengalaman. Jika alam fisik nature, maka untuk usia pre aqil baligh atau sekitar usia 11-14 bisa dilatihkan perlahan-lahan, tapi dengan kajian syariatnya. Termasuk bab rukhsoh. Dengan tujuan education, agar saat menemui kenyataan serupa anak sdh paham solusinya.
Untuk usia latih, 7-10 sebaiknya kesan berat project jangan mendahului kewajiban yang utama. Artinya memang perlu mengkondisikan project yang tidak mengganggu kekhusu'an shaum, justru harus yang menggairahkan.
Coba empati dan imajinasikan bersama anak. Untuk itu sebagai project awalan, baiknya pertimbangkan fisik anak dulu, meski jiwanya sudah dipenuhi fitrah keimanan yang tumbuh baik. Karena sunatullohnya kekokohan iman itu butuh minimal 10 tahun. Itu menurut siroh nabawiyah, fase pra penerapan syariat (fase Mekah).
✅
๐ง Tanggapan:
Refleksi pribadi sy yg pertama, bersyukur siang ini mendapat pemaknaan baru akan konsep Imanan wa Ihtisaban
Terima kasih bun
Refleksi kedua,
Menyeimbangkan pengalaman secara fisik & spiritual
Jadi tidak hanya fokus pada pengAlaman saja tapi lebih dalam dari itu
Smoga itu bisa kami raih di Romadhon ini๐
12 ⃣. Pertanyaan Keduabelas
Restu - Serang
Bagaimana memunculkan inisiatif dan semangat untuk membuat family project dalam keluarga kecil yang terdiri dari ayah, bunda dan 1 batita? Dalam keluarga kecil seperti ini, semangat untuk berkegiatan bersama terkadang lebih sulit dimunculkan.
๐Jawaban:
Peran yang dia butuhkan: butuh nyaman dan aman. Pasangan ayahbunda tinggal berstrategi menyesuaikan untuk teknisnya. Dan ingat, dalam L-BMW soal waktu meski Romadhon bukan berarti fampro-nya sepanjang Romadhon.
Selebihnya, waktu justru bisa digunakan untuk saling mendukung project pribadi masing" individu.
Misal tadi pagi sulung saya berniat membuat project, saya tawarkan diri "Apa yan ummi bisa bantu untuk project teteh?".
Kamipun berdialog dan saling suport untuk menggoalkan project pribadi. ✅
❓Pertanyaan Tambahan ❓
❓Desiana : maaf bu Rita,mahdoh atau ghoiro mahdoh maksudnya? qowwam dan qowwamah
๐Jawaban:
Ibadah itu ada yg sifatnya ibadah wajib dan sunnah yang terikat aturan khusus. Ada yang diluar itu, ghoir. Sifatnya lebih universal tapi tetap bernilai ibadah jika niatnya memang untuk ibadah.
Qowwam artinya kepemimpinan. Seorang Istri atau ibu juga pemimpin, hanya berbeda teknis.
❓Neneng : soal Reward bagaimana? boleh berbentuk uang atau barang? atau cukup dengan kecupan eaaa
๐Jawaban:
Sejak awal saya tak pernah beri reward untuk ibadah wajib atau sunnah. Tumbuh kan dan kuatkan cinta karena Alloh sejak dini. Barang, pelukan, kecupan ataupun ekspresi cinta orangtua adalah kewajiban ortu dan hak anak. Katakan ini diberikan karena bunda, ibu, mama, ummi sayang.
Adapun pemberian Alloh jauuuh lebih bagus, lebih keren, lebih mahal dari apa yang ayah bunda beri, dan itupun karena Alloh yang memberi. Yakinlah, separuh besar tantangan bisa selesai dengan teladan.
๐ปSharing dan Diskusi ๐ป
๐ฎ Tudaraeni: Kalo pengalaman saya k anak k 1, umur 4 thn saya mulai ajarin puasa sampai jam 9 atau jam 10 pagi. Ketika umur 5 thn an anak y alhamdulillah minta sendiri sampai magrib
๐ฎ Rita Riswayati: Saya nggak bilang berbuka. Kalau bilang berbuka, nanti makan terus... Kasihan kakak"nya yg sdh masuk masa latih. ๐
๐ฎ Asti: Wow keren. Jgn bilang buka. Tp sahur lg krn dede msh anak2. ๐
๐ฎ Rita Riswayati: Kalau sahur, dia ngerti. Abis sahur puasa lagi. Puasa berarti tak boleh makan minum.
๐ฎ Desiana: berarti mulai dilatih saat si anak "ingin tahu" ya bu..
tempo hari si kakak ikutan sahur dan puasa,sebelumnya dia ngambek ga diajak sahur..kemudian saat saya puasa,dia ikut sahur dan puasa. Kekeuh ga mau dibawain bekel saat sekolah. Tapi berhasil dibujuk untuk bawa minum. Saat disekolah dia bilang ketemen2nya kalo dia puasa. Kemudian besoknya temen2nya ikutan puasa dan ga bawa bekel๐ . (menurut laporan wali kelasnya)
๐ฎ Rita Riswayati: Iya bun Asti, sudah waktu usia nalarnya kompleks, dia akan mengerti kalau cara kami yg sebelumnya hanya untuk strategi mengedukasi.
๐ธ๐ฟ ๐ ๐ธ๐ฟ ๐
๐ Penutup ๐
Mendidik anak artinya kita sedang mendidik diri sendiri. ๐
๐ฝ ๐ *Resume Kuliah WhatsApp IIP Banten* ๐ ๐ฝ
๐ Tema: *Family Project Ramadhan Ceria*
๐จ๐ซ Narasumber: * Rita Riswayati*
๐ Hari: Jum'at, 19 Mei 2017
⏰ Jam: 10.00 - 11.00 dan 13.00 - 14.00 WIB
๐ค MC: Tudaraeni
๐ฌ Moderator: Dianing
๐ Notulen: Restu
๐๐๐ฝ *Tentang Rita Riswayati* ๐๐พ๐
Nama: Rita Riswayati
Domisili: Banjar Patroman-Jawa Barat
Minat: Penulisan, education, gardening, organizing.
Saat ini tergabung dalam divisi 2 *HEbAT Community* sebagai Ketua admin HEbAT Jabar
Ibu dari 6 gadis sholihah,dan praktisi *Home Education*
1. Fityah (15 y), fokus mengkaji kitab kuning di pondok pesantren
2. Naila (13 y), schooling di MI
3. Haula (11 y), full HE/HS
4. Salma (9 y), full HE/HS
5. Zahra (6 y), bersenang-senang di rumah dan pede mengaku sbg anak SD
6. Fadlah (4y), bersenang-senang di rumah dan pede mengaku anak PAUD
๐น *Pengalaman berkesan, penuh hikmah* ๐น
1. Dilamar jadi guru (padahal niatnya nyantri ) di ponpes PERSIS no 100, MA milik NU, dan MA milik modern boarding
2. Ketika menjadi pengelola dan guru Aritmetika di ASMA
3. Saat menjadi head teacher di RA kaki gunung Sangkur, RA Baiturrohman
4. Saat mendirikan , mengelola dan mengajar di TKIT As Salam
5. Ketika mendirikan TPA pertama di kampung sendiri bersama teman pemuda/i
5. Menjadi volunteer di bidang sosial dan lembaga kemasyarakatan
6. Saat gadis berorganisasi di BKPRMI, tempat bersosialisasi dg para pemuda pemudi dalam naungan Masjid
7. Berguru, bersosialisasi dengan ibu-ibu aktivis Majlis Ta'lim daerah dalam naungan organisasi BKMM-DMI, hingga saat ini.
๐ง *Materi* ๐ง
๐Romadhon bulan amal, momentnya bikin project seru berbingkai iman๐
By: Rita Riswayati
๐Darimanakah datangnya pahala? Dari cinta turun ke amal. Kalau sudah cinta justru lupa hitung-hitung pahala, meski pahala adalah hak hamba.
⭐Kapan kah amal bernilai?
Saat terpenuhi ketentuan:
1. Niat karena Alloh
2. Amal yang tak dilarang Alloh
Kedua point diatas melahirkan apa yang disebut amal sholih, amal yang produktif.
Amal produktif bisa dari hal sederhana sampai yang kompleks, yang rutin sampai yang unik spesial, yang bersifat amal individual sampai amal jama'i, bersama alias nge-team.
๐จ๐ฉ๐ง๐ฆYuks kita bahas yang nge-team, soalnya nge-team itu lebih membuat mudah, ceria dan seru. Biar lebih terarah maka team digerakan berdasar kriteria project.
Ada 4 unsur sebuah amal/ aktivitas disebut project:
1. Lingkup (scope
2. Biaya (cost)
3. Mutu(quality)
4. Waktu (time)
Agar mudah mengingatnya, ingat saja L-BMW atau S-CQT.
4 variable ini saling berpengaruh satu sama lain
๐Bagaimana langkah membuat project berskala team/berjama'ah?
1. Motivasi
2. Musyawarah : semua berbicara dan mendengar
2. Diskusikan dan analisa bersama
3. Sepakati
4. Rancang
5. Aksi
6. Rayakan
๐Romadhon.....ceria❗๐
๐ธ๐ฟ ๐ ๐ธ๐ฟ ๐
๐ *Konsep Dasar* ๐
๐ธBismillaahirrohmaanirrohiim.
Sebelum menjawab, sedikit saya perlu sampaikan bahwa PR terbesar kita adalah memahami konsep secara menyeluruh. Biar gambarannya utuh shg bisa memasukan ke konteks aplikatifnya.
๐ธ Konsep tentang amal produktif (amal sholih), tentang fitrah tentang berjama'ah (team). Karena dikaitkan dengan Romadhon, maka frameworknya adalah *imanan wa ihtisaban*
๐ธ *Do the right things & do the things right* = *Imanan & Ihtisaban*
๐ธ Frame amal sholeh itu: niat dan tak ada larangan Alloh atas amal tersebut.
๐ธ Fitrah= Fitrah keimanan, fitrah perkembangan, fitrah belajar. Cukup 3 fitrah ini di moment Romadhon di usia 0-10 th.
๐ธ Team = berjama'ah, inshaAlloh ini sudah jelas. Lebih dari 1 orang, ada leader, pelaksana dan kesepakatan. Kalau terkait pelaksanaan syariat, maka masukan hukum dan aturannya.
๐ธ Kita kompilasi sekarang, niatkan atas dasar iman, buat konsep dengan target impact (pengaruhnya), lakukan berdasar syariat atau ijtihad. Ijtihad ini ruang kreativitas yg tidak bertentangan dg syariat.
๐ธ Kebiasaan saya adalah sampaikan konsep dasarnya, baru bahas teknis. Jika paham konsep dasar, maka kita akan mudah menemukan *cara*.
๐ก *Tanya-Jawab* ๐ก
1⃣. Pertanyaan pertama:
Kiki_cilegon
Assalamualaikum bunda..
Bagaimana cara mengenalkan puasa bagi anak usia 3th tanpa menimbulkan imaginasi2 yg diluar tauhid..๐
Dan mohon contoh projek yg bisa dibuat brsama anak usia 3th tsb...
Trimakasih..๐
๐Jawaban:
1⃣. Bunda Kiki di Cilegon, yang perlu kita pahami di fase 0-6 tahun adalah:
1. Fitrah Keimanan
2. Fitrah perkembangan: fisik dan psikis.
Maka perlu kita desain kegiatan/project yang mempertimbangkan aspek" tersebut. Terkait Fitrah Keimanan di fase itu belum melatih beban syariat, jadi aktivitas yang memperkokoh keimanan melalui image positif akan jauh berimpact dibandingkan melatih anak langsung sebagai pelaksana syariat. Image/kesan yg paling efektif adalah dengan menghidangkan teladan terbaik tentang kecintaan pada Alloh, Rosul, orang" sholeh.
Contoh project saya dengan anak- anak:
1. Pra Romadhon: Tarhib 'ala rumah kita; ayah yang ngisi pembekalan ruhani dan fikri. Ibu dan anak buat rancangan dan pelaksanaan sambutan secara fisik: bersih" Masjid, hias rumah atau sanggar, undang anak" sekitar dll.
2. Saat Romadhon: seru" an bikin menu, masak, giving (shodaqoh) sampai bikin sanlat, buat paket hadiah. Dll
3. pasca Romadhon: bikin kartu, silahturahim: dari bikin list sampai siapkan bawaan buah tangan.
✅
2 ⃣. Pertanyaan Kedua
Sati
Assalamualaikum, ijin bertanya bunda..., Bisakah project family ramadhan dirancang & diaplikasikan bagi klrg kami, sementara suami hanya sabtu ahad di rumah & anak kami baru 1, usia 4th? Contoh project/kriteria yg sesuai bagi klrg kami (yg hanya berkumpul sabtu ahad) seperti apa ya bun? haturnuhun๐
๐Jawaban:
Bunda Sati, sangat bisa. Jangankan sepekan cuma 2 hari, sebulan, bahkan setahun hanya sekali jumpa pun bisa. Selama komunikasi fisik dan hati terjaga serta selalu menyertakan Alloh diantara kita. Dan yang terpenting ayah bunda paham dan sadar posisi dan peran masing".
Ayah tetap sebagai qowwam meski hadir atau tidak. Bunda qowwamah yang harus hadir secara kwalitas dan kwantitas.
Suami saya seringnya cuma mengawali dan mengakhiri project team. Tapi jika ada di rumah yang paling banyak PR nya. Yang laki banget. Misal project Cinta dan Indah Lingkungan, Haula leader, ayah bikin rak untuk pot, ibu bantu cari bibit, adik dan kakak bantu siapkan media tanam. Biki rak kan cukup sekali.
Begitupun project beternaknya Salma, ayah seksi membuat kandang.
✅
๐ง Tanggapan:
❓Berarti yg penting ayah ikut merancang dan evaluasi, gitu kah Teh?
๐Jawaban:
Terlibat Dari awal sampai akhir iya, tapi yang intensitasnya tidak rutin dan mengikat secara waktu. Merancang semisal ikut merancang, evaluasi apalagi Yang penting hadir di ujung juga: merayakan๐
3 ⃣. Pertanyaan Ketiga
Febri
Assalamualaikum sy belum kebayang project ramadhan itu akan seperti apa nantinya.
Apakah anak usia 2thn juga bisa terlibat didalamnya?
Aktivitas apa saja yg bisa dilakukan dr pagi sampai menjelang magrib?Mengingat waktunya panjang,tdk ada acara makan/minum sehingga anak2 mungkin saja akan bosan atau lemas.
Apakah ada panduan dalam penyusunan project ramadhan seru tersebut?
๐Jawaban:
Bunda Febri, jawabannya senada dengan no 1⃣.
Usia 2 tahun masa menyerap ekspresi dan aktivitas lingkungan yang terdekat. Misal kita bikin project giving everyday anak di usia itu pasnya dilibatkan bagian apanya ya?
Ayo bunda, kita imajinasikan aktivitas bersama dg usia batita kita. Lalu kita rancang, kalau pas praktek ternyata gak sesuai harapan, kita rombak teknisnya, ide pokoknya tetap.
Batita sangat suka menyimak ekspresi. Mengunjungi orang-orang atau anak-anak sholeh, menghadiahi mereka sekotak makanan, sebuah buku, selembar kertas untuk mewarnai dll, saat itu anak akan melihat dan menyimak ekspresi yang diberi memberi dan diberi.
Tampakan ekspresi terbaik kita, orangtua nya sebagai teladan.
Hanya kalau anak balita kalau kita memberi maka siapkan sesuatu untuk anak kita juga, fase egosentris soalnya. ✅
4 ⃣. Pertanyaan Keempat
Nur Solihah
Klo yg belum punya anak kegiatan family project apa yg bsa d kerjain berdua ma suami? Kdg mash bgung klo untuk bikin family project berdua aja. Mksh bunda☺
๐Jawaban:
Bunda Nur yang Sholihah, kita perlu tentukan tujuan diawal merancang project dan impact yang kita inginkan. memperkuat kebersamaan? Mengedukasi anak atau lingkungan ? Menaikan level kemampuan? Mengasah bakat? Menjadikan lebih profesional? Misi aktualisasi bersama? Menyalurkan minat?
Dari tujuan itu kita turunkan jadi misi. Terjabar dalam rancang aktivitas.
Awal nikah project saya adalah: muroja'ah.
Memang waktu itu belum kenal L-BMW. Tapi tetap masuk kriteria:
Lingkup: berdua
Biaya: -
Mutu: bersama dalam menjaga iman dan cinta Al Qur'an
Waktu: ba'da sholat malam selama sebulan.
Selesai satu bulan, target pembiasaan. Sudah itu tak lagi jadi project.
Bisa juga project tentang lingkungan hidup, dll.
✅
5 ⃣. Pertanyaan Kelima
Irma
Assalamu'alaikum, Bun Rita salam kenal, family project yang dapat dilakukan bersama anak berusia 2 tahun, selama Ramadan, kadang setiap magrib dan isya di bawa ke masjid tapi malah main dan mengganggu dan kebetulan pengurus musolah ya tidak suka anak anak bermain di musolah, gimana ya Bun...
๐Jawaban:
Bund Irma, jika mengenalkan Masjid dan lingkungannya ini kita anggap penting untuk menumbuhkan & mengokohkan fitrah keimanannya, memang perlu menghidangkan image positif tentang Masjid. Maka upayakan cari Masjid yg ramah anak, meski cuma satu kali sepanjang Romadhon ini. Jadikan yg sekali itu berdampak panjang, kesan positif yang tak terlupakan.
Bila ada peluang, ciptakan Masjid ramah anak dg keluarga lain yang sevisi.
✅
6 ⃣. Pertanyaan Keenam
Devy
bagaimana meningkatkan ketertarikan suami terhadap diadakannya Family Projects & memelihara / menjaga konsistensi pelaksanaan Family Projects sampai hari terakhir Ramadhan .. terimakasih ๐๐
๐Jawaban:
Bunda, kita perlu ilmu komunikasi efektif vertikal horizontal. Vertikal: sampaikan, kuatkan dengan harap dan do'a pada Alloh, Horizontal: kenali bahasa cinta pasangan kita. Pernah kulwap bahasa cintakah disini?
Nah kalau sudah kenali, praktekan. Barulah bicara visi misi bersama, termasuk misi dalam fampro.
✅
7 ⃣. Pertanyaan Ketujuh
Dewi
startnya dimulai darimana dan kapan untuk fampro ramadhan? Sebagai catatan anak saya 2 ( laki 8,7 dan perempuan 2,5 )
๐Jawaban:
Startnya sebelum Romadhon. Niatkan, kondisikan di bulan sya'ban. Perbanyak shaum sunnah sebagai salah satu persiapan hati dan fisik.
Terkait project di bulan Romadhon, sesuai sabda Rosululloh;: imanan dan ihtisaban.
Imanan: saatnya merancang untuk meningkatkan ghairah pada kebaikan. Do the right thing.
Dan ihtisaban, pikirkan dampak yang kita inginkan. Terukur. Do the thing right.
Apa dampak yang ingin kita capai? Untuk ayah bunda kakak adik dan family? Apa gairah yang ingin kita dapat? Pahami makna ibadah sebaik mungkin, baik ibadah mahdoh maupun ghoiro mahdoh. Lalu kaitkan dengan fitrah keimanan, fitrah tumbuh kembang, fitrah belajar.
✅
8 ⃣. Pertanyaan Kedelapan
Desi
Mohon pencerahannya tentang bagaimana unsur L-BMW itu saling mempengaruhi dalam pelaksanaan project ?Apakah bila 1 tdk terpenuhi,project menjadi tidak terarah?
๐Jawaban:
Jika Lingkupnya sederhana, maka Biaya, Mutu dan Waktu juga akan sederhana.
Jika Lingkupnya luas, maka unsur lain perlu diimbangkan tentunya.
Contoh: project yang ditargetkan berdampak untuk lingkungan keluarga dan tetangga, tentu lebih butuh biaya, waktu dan keterjagaan mutu yang lebih.
Berbeda jika lingkupnya hanya untuk keluarga.
Misal mutu, makanan keasinan tak apalah kalau untuk keluarga, tapi kalau untuk hadiah ke tetangga mutu harus jauh lebih dijaga.
Meskipun dalam prakteknya kita sesuaikan satu sama lain sebenarnya. Lingkup besar, biaya kecil maka mutu disesuaikan dengan biaya, waktu tetap mengacu pada lingkup dan mutu. Mutu super, waktu dan biaya tak bisa di kurangi. Tapi jika fokus ke mutu, strateginya bisa jadi lingkup yang dikurangi luasnya. Begitulah kita ngutak ngatiknya. ✅
9 ⃣. Pertanyaan Kesembilan
Ayu
Assalamualai'kum bunda...bagaimana membuat project ramadhan yg tepat buat anak yg sudah berusia 8th...dan sudah mulai puasa dengan adik nya yg baru usia 6th ...dan belum saya wajib kan berpuasa...
๐Jawaban:
Bunda Ayu, yang ideal:
1. Jauhkan project dari seputar makanan, kecuali adik bisa menta'ati rules yan sebelumnya kita sepakati saat fase musyawarah.
2. Langkah profiling terhadap anak, apa yg paling diminatinya, yang membuatnya makin bergairah dan memiliki dampak positif, sehingga project tidak justru mengganggu esensi ibadah yang pokok.
Untuk itu ayah bundanya yg paling tahu.
✅
10 ⃣. Pertanyaan Kesepuluh
Asti Susanti_Rangkasbitung
Salam kenal bunda Rita.
Kegiatan ramadhan ceria apa saja yang pernah bunda lakukan bersama anak-anak yang usianya masih 3tahunan? Usia berapa tahun anak-anak bisa dilatih berpuasa sampai maghrib?
Terimakasih..
๐Jawaban:
Bunda Asti, spesial Romadhon untuk usia itu, pernah nge- team khusus 'itikaf. Bukber, berbagi ta'jil. Anak batita seksi bagi", senang sekali dia kesana kemari bagi" apa yang kita sepakati. Bentuknya tak selalu makanan minuman. Atau bagi undangan diawal kegiatan. Sudah mirip" pesta ultah di rumah kita. Karena kita kan tak membiasakan merayakan ultah. Jadi event Romadhon dibuat seceria mungkin. Terutama diawal penyambutan, masuk 10 hari ke 2 dan terakhir. Project gak harus full sebulan satu macem. Makin kecil usia anak, project lebih seru jika beragam dan waktunya pendek" tidak melelahkan ortu (ibu) dan anak.
✅
๐ง Tanggapan:
❓Pertanyaan usia brp thn mulai boleh diajarkan puasa sampai maghrib sepertinya blm dibalas ๐
๐Jawaban:
Saya punya pengalaman dari anak pertama mulai dikenalkan sejak dia ingin tahu. Karena melihat kita tentunya.
Terus saat meminta baru kita latihkan. Rata" meminta ikut shaum di usia 5 th.
Harusnya masa latih di usia 7 tahun, tapi karena ini masih 5 tahun jadi shaumnya beberapa kali 'sahur'.
Sahur pertama normal, misal jam 4 an. Jam 9 lapar, sahur lagi. Makan minum terus stop. Sampai nanti lapar lagi. Sahur lagi deh.
Puncaknya tetap berbuka di waktu maghrib.
11 ⃣. Pertanyaan Kesebelas
Ulfah
1. Menurut Bunda Rita, mengapa kita perlu membuat project Ramadhan yang seru? Mengingat bulan Ramadhan pun sbnrnya sdh spesial dengan ibadah yg sifatnya khusus yaitu puasa & tarawih?
2. Bunda Rita, kriteria family project ramadhan yg menarik & bermakna, itu yg bagaimana?
3. Selama bertahun2 dalam momen Ramadhan, yang biasa kita lakukan adl puasa, tadarus, shalat tarawih, sedeqah/infak/zakat, bagi ibu rumah tangga ada tambahan menyiapkan buka & sahur. Nah dari kesemua aktivitas yg saya sebut diatas, bisakah itu dimaknai & diarahkan mjd project Ramadhan yg seru yg bersifat unik spesial individual maupun team project yg seru & ceria?
4. Adakah alternatif kegiatan/project yg dilakukan dibulan ramadhan yg bisa menggantikan project bermain bersama alam (maksudnya mengurangi kegiatan bermain keluar rumah di siang hari) tapi hasilnya juga sama seperti berkegiatan bersama alam?
๐Jawaban:
Bunda Ulfah,
1. Karena Romadhon adalah bulan amal, bahkan dilipatkannya pahala atas amal. Jadi mengapa justru harus mager untuk membatasi selama tak ada larangan? Spesialnya justru karena dilipat gandakannya pahala. Menurut saya.
2. Kriterianya: bikin semangat, berkesan dan berdampak. Dan ini tak bisa disamaratakan. Untuk itu perlu profiling, musyawarah, dialog dan diskusikan dulu dengan semua anggota keluarga.
3⃣Bisa banget bun. Bisa sendiri", di kombinasi, bergiliran sebagai project terpisah. Seru dan cerianya tergantung tujuan dan kesiapan hati kita, nanti pengaruh ke pelaksanaan.
4. Banyak bun. Tergantung memaknai alamnya. ๐
Alam pengAlaman atau pengalaman. Jika alam fisik nature, maka untuk usia pre aqil baligh atau sekitar usia 11-14 bisa dilatihkan perlahan-lahan, tapi dengan kajian syariatnya. Termasuk bab rukhsoh. Dengan tujuan education, agar saat menemui kenyataan serupa anak sdh paham solusinya.
Untuk usia latih, 7-10 sebaiknya kesan berat project jangan mendahului kewajiban yang utama. Artinya memang perlu mengkondisikan project yang tidak mengganggu kekhusu'an shaum, justru harus yang menggairahkan.
Coba empati dan imajinasikan bersama anak. Untuk itu sebagai project awalan, baiknya pertimbangkan fisik anak dulu, meski jiwanya sudah dipenuhi fitrah keimanan yang tumbuh baik. Karena sunatullohnya kekokohan iman itu butuh minimal 10 tahun. Itu menurut siroh nabawiyah, fase pra penerapan syariat (fase Mekah).
✅
๐ง Tanggapan:
Refleksi pribadi sy yg pertama, bersyukur siang ini mendapat pemaknaan baru akan konsep Imanan wa Ihtisaban
Terima kasih bun
Refleksi kedua,
Menyeimbangkan pengalaman secara fisik & spiritual
Jadi tidak hanya fokus pada pengAlaman saja tapi lebih dalam dari itu
Smoga itu bisa kami raih di Romadhon ini๐
12 ⃣. Pertanyaan Keduabelas
Restu - Serang
Bagaimana memunculkan inisiatif dan semangat untuk membuat family project dalam keluarga kecil yang terdiri dari ayah, bunda dan 1 batita? Dalam keluarga kecil seperti ini, semangat untuk berkegiatan bersama terkadang lebih sulit dimunculkan.
๐Jawaban:
Peran yang dia butuhkan: butuh nyaman dan aman. Pasangan ayahbunda tinggal berstrategi menyesuaikan untuk teknisnya. Dan ingat, dalam L-BMW soal waktu meski Romadhon bukan berarti fampro-nya sepanjang Romadhon.
Selebihnya, waktu justru bisa digunakan untuk saling mendukung project pribadi masing" individu.
Misal tadi pagi sulung saya berniat membuat project, saya tawarkan diri "Apa yan ummi bisa bantu untuk project teteh?".
Kamipun berdialog dan saling suport untuk menggoalkan project pribadi. ✅
❓Pertanyaan Tambahan ❓
❓Desiana : maaf bu Rita,mahdoh atau ghoiro mahdoh maksudnya? qowwam dan qowwamah
๐Jawaban:
Ibadah itu ada yg sifatnya ibadah wajib dan sunnah yang terikat aturan khusus. Ada yang diluar itu, ghoir. Sifatnya lebih universal tapi tetap bernilai ibadah jika niatnya memang untuk ibadah.
Qowwam artinya kepemimpinan. Seorang Istri atau ibu juga pemimpin, hanya berbeda teknis.
❓Neneng : soal Reward bagaimana? boleh berbentuk uang atau barang? atau cukup dengan kecupan eaaa
๐Jawaban:
Sejak awal saya tak pernah beri reward untuk ibadah wajib atau sunnah. Tumbuh kan dan kuatkan cinta karena Alloh sejak dini. Barang, pelukan, kecupan ataupun ekspresi cinta orangtua adalah kewajiban ortu dan hak anak. Katakan ini diberikan karena bunda, ibu, mama, ummi sayang.
Adapun pemberian Alloh jauuuh lebih bagus, lebih keren, lebih mahal dari apa yang ayah bunda beri, dan itupun karena Alloh yang memberi. Yakinlah, separuh besar tantangan bisa selesai dengan teladan.
๐ปSharing dan Diskusi ๐ป
๐ฎ Tudaraeni: Kalo pengalaman saya k anak k 1, umur 4 thn saya mulai ajarin puasa sampai jam 9 atau jam 10 pagi. Ketika umur 5 thn an anak y alhamdulillah minta sendiri sampai magrib
๐ฎ Rita Riswayati: Saya nggak bilang berbuka. Kalau bilang berbuka, nanti makan terus... Kasihan kakak"nya yg sdh masuk masa latih. ๐
๐ฎ Asti: Wow keren. Jgn bilang buka. Tp sahur lg krn dede msh anak2. ๐
๐ฎ Rita Riswayati: Kalau sahur, dia ngerti. Abis sahur puasa lagi. Puasa berarti tak boleh makan minum.
๐ฎ Desiana: berarti mulai dilatih saat si anak "ingin tahu" ya bu..
tempo hari si kakak ikutan sahur dan puasa,sebelumnya dia ngambek ga diajak sahur..kemudian saat saya puasa,dia ikut sahur dan puasa. Kekeuh ga mau dibawain bekel saat sekolah. Tapi berhasil dibujuk untuk bawa minum. Saat disekolah dia bilang ketemen2nya kalo dia puasa. Kemudian besoknya temen2nya ikutan puasa dan ga bawa bekel๐ . (menurut laporan wali kelasnya)
๐ฎ Rita Riswayati: Iya bun Asti, sudah waktu usia nalarnya kompleks, dia akan mengerti kalau cara kami yg sebelumnya hanya untuk strategi mengedukasi.
๐ธ๐ฟ ๐ ๐ธ๐ฟ ๐
๐ Penutup ๐
Mendidik anak artinya kita sedang mendidik diri sendiri. ๐
Komentar
Posting Komentar